Sunday, December 30, 2012

Pengertian Investasi

Setiap bisnis dijalankan untuk memperoleh keuntungan atau nilai tambah di kemudian hari dan investasi merupakan langkah yang biasa ditempuh oleh para pebisnis untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Namu, apakah anda semua sudah tahu apa yang dimaksud atau pengertian investasi?

Apabila kita membahas mengenai pengertian investasi maka akan banyak pendapat yang muncul. Menurut wikipedia Indonesia, investasi merupakan suatu istilah dengan beberapa oengertian yang berhubungan dengan keuangan dan bidang ekonomi. Istilah tersebut berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk modal dengan harapan akan mendapatkan keuntungan di kemudian hari.

Selain menurut wikipedia Indonesia, pengertian investasi secara sederhana adalah menempatkan harta dalam bentuk uang atau dana dan dengan harapan mendapatkan keuntungan dari dana atau uang tersebut. Maka dari itu, banyak orang yang menyebut investasi sebagai penanaman modal.


pengertian investasi

Jika dilihat berdasarkan teori ekonomi, pengertian investasi adalah pembelian (berarti termasuk produksi) dari modal barang-barang yang tidak dikonsumsi tetapi digunakan untuk produksi yang akan datang. Sebagai contoh pemilihan tanah untuk membangun suatu institusi. Dan perlu anda tahu bahwa pendapatan akan mempengaruhi investasi dimana jika suatu peningkatan pendapatan akan mendorong investasi yang lebih besar, hal ini bearti jika tingkat bunga tinggi maka akan menurunkan minat untuk investasi.

Selain mengetahui pengertian investasi, anda sebaiknya juga mengetahui tentang kategori investasi. Sebenarnya ada dua kategori investasi yaitu aset riil dan aset keuangan.aset riil merupakan investasi yang dilakukan pada modal yang berwujud barang seperti gudang, mesin, kendaraan dan lain sebagainya. Sedangkan untuk aset uang merupakan investasi yang dilakukan pada dokumen klain tidak langsung pada pemiliknya terhadap aset riil pihak yang menerbitkan dokumen tersebut.

Dilihat dari pengertian investasi, investasi mirip dengan menabung. Namun, pada kenyataannya kedua hal ini berbeda dalam tujuan, kapan kebutuhan itu diperlukan, alternatif atau pilihan investasi, strategi untuk mencapai tujuan dan seberapa besar dana yang dibutuhkan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai pengertian investasi. Semoga dapat membantu anda dan dapat menambah pengetahuan seputar dunia ekonomi khususnya mengenai investasi.

0 komentar:

Post a Comment