Monday, October 8, 2012

Cara membuat ukuran foto di photoshop


Tutorial photoshop dasar kali ini adalah tentang cara membuat ukuran foto dengan photoshop. Cara-nya sangatlah mudah dan gampang. Bagi pemula yang baru belajar photoshop baik Cs2 cs3 cs4 maupun cs5, tutorial ini meskipun kurang lengkap namun semoga bisa dipakai sebagai  sebuah panduan atau tips bagaimana cara mudah, cepat, dan gampang membuat  ukuran foto di photoshop untuk dicetak atau diprint sendiri di rumah.

Ya membikin atau membuat ukuran photo dan gambar menggunakan program Adobe Photoshop sangat mudah sekali. Ya karena SOFTWARE EDTIOR Photo  ini sangat terkenal dan memang saat ini program ini sangat unggul dan memiliki tools yang powerful untuk urusan edit-mengedit foto. 

Sebetulnyarnya tutorial tentang cara membuat ukuran foto pada tulisan ini hanya sebagian dari berbagai cara yang bisa kita lakukan dengan Adobe photoshop. Cara setting berbagai macam ukuran foto yang saya tulis ini adalah cara yang saya anggap paling mudah dan paling praktis dilakukan  dan  cara inilah yang sering saya gunakan sehari-hari. Berikut tulisan selengkapnya tentang cara membuat ukuran foto dengan photoshop :


Cara Pertama : Menggunakan Cropping tool

  • Langkah  1  :  Buka program Adobe photoshop yang anda punya.
  • Langkah  2  :  Buka foto yang akan kita buat ukurannya (misalnya ukuran foto 2x3 cm, 3x4, 4x6, 6x9, 2r, 3r ,4r ,5r ,6r ,8r ,10r jumbo ,11r ,12r ,16r ,20r ,22r ,24r ,30r , atau ukuran dompet, ukuran postcard, ukuran photo SKCK,  atau berapapun). Caranya adalah pilih menu File > Open > pilih foto >  klik Open lagi.
  • Langkah  3  :  Tampilkan kotak tools. Caranya adalah  pilih menu Window  >  Tools. Di kotak tools inilah cropping tools berada. 
  • Langkah  4  :  Tampilkan kotak options. Caranya pilih menu  Window > Options.  Di kotak inilah kita bisa menentukan ukuran foto sesuai dengan keinginan kita. Secara default kotak tools dan options sudah tampil terlihat. Sehingga langkah 3 dan langkah 4 dapat kita lewati saja.
  • Langkah  5  :  pilih Crop Tools dengan cara klik pada gambar Crop Tools. 
  • Langkah 6  :  Isikan angka ukuran yang akan kita buat pada kotak option yang nampak terlihat sebagai baris horizontal  di bagian atas photoshop.  Isilah berapa lebar foto pada kotak width  dan berapa panjang dari foto pada kotak height. Lihatlah gambar yang ada di bawah ini. Agar tampak jelas Klik-lah gambar. 
  • Langkah 7  :  Pilih satuan yang akan kita gunakan dengan cara klik kanan pada kotak tadi. Pilihan yang ada yaitu : inches, cm, mm,  points, picas, colums.  Kita dapat membuat ukuran foto di photoshop sesuai dengan keingingn kita, dapat  2x3 cm, 3x4 cm, 4x6 cm, 6x9cm, 2R, 3R, 4Rm 5R, 6R, 10R, 11 R, 12R, 16R, 20R, 24 R, yang merupakan ukuran standar foto. Panduan macam-macam ukuran foto dalam r dapat di baca di sini. Daftar macam macam ukuran pas foto dapat anda baca di Sini.
  • Langkah  8 : Klik pada bagian (salah satu) pojok pas photo atau gambar yang akan kita buat ukurannya, kemudian drag (tekan sambil ditarik) ke bagian pojok yang lain. Seberapa jauh kita men-drag adalah sesuai dengan keiniginan kita yaitu seberapa bagian foto  yang akan kita pilih atau kita potong.
  • Langkah 9 : Klik kanan pada foto dan pilih pilihan "crop" untuk mengeksekusi cropping (Langkah cepat adalah langsung tekan Enter), atau pilih Cancel untuk batal.
Cara crop secara lengkap  silahkan klik ==> Cara crop foto dengan photoshop

Cara kedua : Menggunakan setting Image Size

  • Langkah  1. Buka photoshop
  • Langkah  2. Buka  photo yang akan kita bikin ukurannya. 
  • Langkah 3. Setting Image Size. caranya adalah pilih menu Image > Size atau dengan cara singkat/jalan pintas/shortcut menu ( Pencet Alt + Ctrl + I ). Maka akan terbuka sebuah kotak Image Size seperti di bawah ini : 
 
  • Pada kotak di atas kita dapat membuat ukuran foto sesuai dengan keinginan kita. Ukuran yang dapat disetting yaitu :
  1. Dimensi pixel meliputi width (lebar) dan height (panjang) Lalu satuan dapat dipilih pixel dan percent.
  2. Ukuran dokumen meliputi width (lebar) dan height (panjang), satuannya bisa kita pilih sesuai keinginan yaitu : percent, inches, cm, mm,  points, picas, colums. Pilihan isian untuk ukuran dokumen adalah resolusi. Ini berkaitan dengan kualitas cetakan.  Semakin tinggi angka resolusi semakin baik kualitasnya. Atau ketajamannya. Angka 300 pixels/inchi sudah cukup.
  3. Pilihan skala meliputi : Scale styles, Constrains Proportions, dan Resample Image. Jika kita pilih Constrain Proportions dengan cara mencentangnya, maka setiap kali kita merubah panjang foto, maka lebar foto juga berubah sebanding dengan lebarnya, demikian juga sebaliknya. Bila Resampling Image kita pilih maka setiap kali kita mengganti angka panjang atau lebar foto, akibatnya dimensi pixel juga ikut berubah demikian sebaiknya. Selanjutnya silakan mengembangkan pilihan-pilihan yang lain sesuai dengan  keinginan.
  4. Pilihan kotak  Resample Image meliputi : Nearest Neighbor, Bilinear, Bicubic, Bicubic Smoother, Bicubic Sharper. Ini semua berhubungan dengan kualitas foto.

Cara Ketiga : Memakai New File
  • Langkah 1. Buka program adobe photoshop kita.
  • Langkah 2. Buka file baru caranya pilih menu File > New
  • Langkah 3. Isilah kotak isian yang tersedia sesuai dengan keinginan yaitu lakukan seperti pada cara-cara sebelumya. Bila sudah terisi lalu klik Ok.
  • Langkah 4. Buka foto yang akan kita buat ukurannya. Caranya dengan memilih menu File > Open.
  • Langkah 5. Pindahkan foto tadi ke file baru dengan memakai Move Tools. Caranya klik Move Tools kemudian Klik foto yang telah kita buka,  kemudian Drag and Drop ( Seret dan lepaskan ) ke dalam file baru yang telah kita set ukurannya pada langkah 3.
  • Langkah 6. Pilih "Fullscreen Mode with Menu Bar"yang terletak pada kotak tools.. Ini dilakukan untuk mendeteksi Transform Controls agar mudah terlihat. Transform control ini berfungsi untuk mengatur besar kecilnya foto yang akan kita cetak. Transform Control dapat terlihat dengan syarat klik Move Tools, dan Contrenglah Show Transform control.
  • Langkah 7. Atur besar kecilnya foto sesuai keinginan. Caranya tekan Shift + Ctrl bersama-sama kemudian drag/seret titik pojok pada Transform controls yang ada, kedalam atau keluar sesuai keinginan. Kemudian tekan Enter.
  • Langkah 8. Crop foto tersebut secara penuh yaitu dengan klik Crop Tools, dan pada options kita pilih Front image. Caranya Drag pada pojok terluar dari kotak foto (Document) ke pofok terluar yang lain. Kemudian tekan Enter.
  • Selesai.
Salah satu perbedaan dari tiga cara di atas adalah bahwa  pada cara ke dua, foto yang dihasilkan adalah tampak utuh secara menyeluruh. Dan yang berubah hanyalah ukuran panjang dan lebarnya atau dimensi-nya saja. Sedang cara yang pertama dan yang ketiga foto yang tampak adalah sesuai dengan keinginan kita, artinya bisa dipotong sesuai kebutuhan kita. Langkah-langkah di atas bisa kita pakai untuk panduan cara membuat pas foto di photoshop.

3 komentar:

  1. makasi infonya.. jadi ngerti mau cetak foto
    http://bisnisbundakreatif.com/

    ReplyDelete
  2. thanks buat artikelnya... cukup membantu gan.. Rajalistrik.com

    ReplyDelete