Friday, October 12, 2012

Asal usul tari kecak


Asal usul tari kecak
Asal usul tari kecak
Asal usul tari kecak – Tari kecak adalah kesenian tari  yang berasal dari Pulau Bali. Kesenian Tari Kecak ini dipertunjukkan oleh beberapa  penari laki-laki atau pria . Untuk jumlah penari kecak bisa mencapai puluhan orang. Tari kecak dimulai dengan duduk berbaris membentuk lingkaran dan dengan di iringi dengan irama tertentu dan sambil menyerukan suara “cak” serta mengangkat kedua lengan mereka. Para penari yang duduk melingkar tersebut mengenakan kain kotak-kotak seperti papan catur melingkari pinggang mereka.

Tokoh yang di perankan pada tari kecak
  • Ramayana seperti Rama
  • Shinta
  • Rahwana
  • Hanoman
  • Sugriwa.
Asal usul tari kecak itu adalah menggambarkan kisah Ramayana saat barisan kera membantu Rama melawan Rahwana. Asal usul tari kecak sebenarnya berasal dari ritual sanghyang, yaitu tradisi tarian yang penarinya akan berada pada kondisi tidak sadar, melakukan komunikasi dengan Tuhan atau roh para leluhur dan kemudian menyampaikan harapan-harapannya kepada masyarakat.
Walaupun Asal usul tari kecak ini berasal dari pulau Bali, tapi tari kecak ini diciptakan bersama dengan seniman luar negeri, yaitu Walter Spies seorang pelukis dari Jerman. Sekitar tahun 1930-an Wayan Limbak bekerja sama dengan pelukis Jerman Walter Spies menciptakan tari Kecak berdasarkan tradisi Sanghyang dan bagian-bagian kisah Ramayana. Wayan Limbak mempopulerkan tari ini saat berkeliling dunia bersama rombongan penari Bali-nya.
Artikel yang terkait dengan Asal usul tari kecak : artikel asal usul tari kecak, latar belakang tari kecak, tari kecak dan sejarahnya, tarian kecak, fungsi tari kecak, perkembangan tari kecak, tari kecak ebook, tari kecak wikipedia

0 komentar:

Post a Comment